Home / Headline / “Literasi di Ujung Negeri” Catatan di Sekolah Pedalaman Pulau Banyak Barat Berpenduduk Non Muslim

“Literasi di Ujung Negeri” Catatan di Sekolah Pedalaman Pulau Banyak Barat Berpenduduk Non Muslim

ACEHCARONG.COM | SINGKIL – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ujong Sialit Kecamatan Pulau Banyak Barat, merupakan salah satu sekolah paling terpencil di Kabupaten Aceh Singkil.

Untuk menuju Pulau Banyak, dari Singkil menempuh perjalanan empat sampai lima jam dengan menggunakan Kapal Ferry atau Spet Bod untuk sampai ke Pulau Balai ibukota Kecamatan Pulau Banyak.

Sesampainya di dermaga Pulau Balai, untuk menuju ke Haloban ibukota Kecamatan Pulau Banyak Barat, harus menempuh perjalananan darat sepanjang 35 Km. Selanjutnya dari Haloban menuju Desa Ujung Sialit menempuh perjalanan selama tiga puluh menit dengan menggunakan perahu.

Sekolah yang berada di pedalaman Kecamatan Pulau Banyak Barat ini, dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang masih minim, apalagi jauh dari akses informasi bahkan aliran listrik dari PLN sama sekali tidak ada. Masyarakat disana menikmati listrik hanya dari pukul enam sore hingga pukul sepuluh malam.

Adapun aliran listrik yang di peroleh oleh masyarakat setempar bersumber dari mesin milik desa dan sebagiannya ada yang menggunakan ginset. Barangkali akibat keterbatasan kesediaan alat penerang di malam hari, salah satu faktor seperti yang di beritakan Harian Serambi Indonesia beberapa waktu yang lalu, desa ini memiliki enam sampai sembilan orang anak dalam satu keluarga.

Desa Ujung Sialit bisa dikatakan daerah berbatasan dengan Pulau Nias-Sumatera Utara. Karena letak geografisnya yang langsung tembus ke Pulau Nias melewati lautan, sehingga mayoritas masyarakat di desa ini beragama Kristen. Namun guru-guru yang mengajar pada SDN Ujung Sialit beragama Islam berasal dari Pulau Banyak.

Terlepas dari perbedaan budaya dan keyakinan. Tidaklah menyurutkan langkah bagi Arisman, S.Pd seorang guru PNS alumni S-1 PGSD FKIP-Unsyiah ini yang siap ditugaskan dimana saja sekalipun di daerah paling terpencil. Bagi Arisman ini adalah tantangan sekaligus pengalaman untuk mencerdaskan anak negeri dimana saja, siapa saja dan kapan saja.

Pada awal bulan Oktober yang lalu, saat Arisman di panggil oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh sebagai salah seorang guru berdedikasi dari daerah khusus penerima hadiah Anugerah Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Provinsi Aceh Tahun 2017 di Kota Banda Aceh.

Pria humoris dan murah senyum ini sebagai seorang alumni FKIP-Unsyiah, kampus yang telah mengantarkannya menjadi seorang sarjana dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, bertekat untuk bisa melakukan pengabdian yang terbaik bagi anak-anak dan masyarakat di pedalaman Pulau Banyak Barat.

Satu kardus berisikan seratusan Majalah Anak Cerdas dan Majalah POTRET dibeli oleh Harisman, ia sisihkan sedikit uang hadiah yang diterimanya dari Pemerintah Aceh pada Malam Anugerah Hardikda sebagai modal menggerakkan “Literasi di Ujung Negeri.” Semoga……!! [Bay]

Check Also

DISDIK ACEH LAKSANAKAN RAKOR DAN SINKRONISASI PROGRAM PENDIDIKAN

ACEH CARONG.BANDA ACEH. Dalam upaya membangun pendidikan di Aceh, Dinas Pendidikan Aceh melaksanakan rapat koordinasi …

8 comments

  1. Les gens sur les réseaux sociaux créent déjà le buzz. https://www.socialbuzz.fr/

  2. Its such as you read my mind! You appear to know a lot approximately this, like you wrote the guide in it or
    something. I believe that you could do with a few p.c.
    to drive the message home a bit, however instead of that, that is fantastic blog.
    A fantastic read. I will certainly be back.

  3. Nice read, I just passed this onto a friend who was doing some research on that.
    And he actually bought me lunch since I found it for him smile Thus let me rephrase that:
    Thanks for lunch! http://www.grassgreenresource.eu/questions/question184217?language=it

  4. When some one searches for his vital thing, therefore he/she wishes to be available that in detail,
    so that thing is maintained over here.

  5. I am extremely impressed along with your writing skills and also with the layout on your blog.
    Is this a paid subject or did you customize it yourself?
    Either way stay up the excellent quality writing, it is uncommon to
    peer a nice weblog like this one today..

  6. Wow, superb blog layout! How long have you
    been blogging for? you made running a blog glance easy.

    The full look of your site is excellent, let alone the
    content!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *