Home / Suara Guru / Mengajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Menarik

Mengajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Menarik

ACEHCARONG.COM | SUARA GURU. Dilatar belakangi kurang tertariknya peserta didik akan bidang studi sejarah dalam hal ini Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, khususnya dalam penyajian mata pelajaran SKI dapat dikemas sedemikian rupa dengan pemanfaatan media yang kreatif, inovatif dan tepat sasaran.

Ketertarikan siswa terhadap komik dapat dijadikan sebagai dasar untuk merancang media pembelajaran yang menarik. Kerumitan bahan ajar dapat disederhanakan dengan bantuan media pembelajaran dalam bentuk komik.

Selain itu dapat berguna juga untuk membangkitkan antusiasme peserta didik yang pada akhirnya, peserta didik akan dapat mudah memahami materi yang akan kita sampaikan.

Seperti yang dikemukakan oleh Prof. Dr. Nasution, M.A, bahwa teknologi pendidikan adalah media yang lahir dari perkembangan alat komunikasi yang digunakan oleh manusia dan kemudian dikembangkan untuk mencapai suatu Tujuan Pendidikan.

Media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam bentuk komik diharapkan dapat menimbulkan kegairahan siswa dalam belajar sehingga siswa berminat terhadap pelajaran Sejarah. Salah satu media pembelajaran yang dirasa mampu meningkatkan minat siswa adalah Komik Digital.

Komik Digital sangat mudah untuk dikembangkan. Dengan kecanggihan teknologi yang terus berkembang saat ini, tentu kita akan mampu membuat suatu media pembelajaran yang menarik, inovatif, dan tentunya memiliki hasil yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Menurut pakar komik Indonesia Hikmat Darmawan buku pelajaran akan lebih menarik dan mudah dipahami jika disajikan dalam bentuk komik.

Buku pelajaran yang dalam bentuk komik mampu terbukti efektif di beberapa negara maju terutama yang menyadari dan memanfaatkan fungsi komik yang penuh gambar sehingga bisa digunakan sebagai media mempermudah materi pelajaran yang sulit dan abstrak.

Seperti Departemen pendidikan Jepang yang menerbitkan buku-buku komik pelajaran yang resmi digunakan oleh siswa dalam kegiatan belajar di sekolah selayaknya patut dicontoh oleh Indonesia yang memiliki banyak peminat komik.

Oleh: Agussalim, S.Pd.I ~ Guru PAI di MIN 19 Aceh Timur.

Laporan : Muhammad Fauzi

Check Also

Geliat LITERASI Dari Sekolah Di Pedalaman Aceh Timur

ACEHCARONG.COM | SUARA GURU. Apa saja yang kita simpan di ruang kelas maka si siswa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *