Home / News / CARA GURU SMAN UNGGUL DARUSSALAM MEMBANGUN KARAKTER POSITIF SISWA

CARA GURU SMAN UNGGUL DARUSSALAM MEMBANGUN KARAKTER POSITIF SISWA

ACEH CARONG.COM. Aceh Selatan – Banyak cara yang bisa dilakukan oleh guru dalam membangun karakter positif siswa. Seperti halnya yang dilakukan oleh Eno Surahman dan Maisari yang merupakan guru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Unggul Darussalam, Labuhanhaji, Aceh Selatan.

Mereka tidak hanya mengajar para siswa di dalam ruangan saja, tapi juga melibatkan para siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka dan Palang Merah Remaja (PMR) Indonesia. Tentunya berbagai kegiatan lebih sering dilakukan di luar ruangan (outdoor) ketimbang di dalam ruangan.

Untuk kegiatan Pramuka, Eno Surahman mengadakan kegiatan pengambilan kacu yang diadakan pada setiap semester ganjil. Kegiatan seperti ini rutin diadakan sekali setahun di bumi perkemahan SMAN Unggul Darussalam.

Pada tahun ini, kegiatan Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa) diadakan pada tanggal 30 Agustus sampai 1 September 2018. Dibantu oleh Koramil Labuhanhaji Tengah kegiatan ini sukses dilaksanakan.

“Sesuai dengan tujuan Pramuka mendidik siswa agar menjadi insan yang disiplin, mandiri dan bertanggung jawab, kegiatan Perjusa  dapat membangun karakter positif siswa,” ujar Eno Surahman yang juga sebagai pembina Pramuka di SMAN Unggul Darussalam.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Maisari yang merupakan Pembina PMR di sekolah tersebut. Ia bekerjasama dengan pihak Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Selatan untuk mengadakan kegiatan Orientasi Gabungan (Orgab) bagi para siswa SMAN/sederajat untuk regional satu. Kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 1 Labuhanhaji pada Minggu, (9/9/2018).

“Target yang kita harapkan dalam kegiatan ini ialah agar siilaturahmi dengan sesama para siswa PMR yang berbeda sekolah dapat terjalin dengan baik. Khususnya pada bidang kesehatan,” Ujar Maisari kepada Aceh Carong melalui rilisnya (13/9/2018).

Melalui kegiatan Orgab, Maisari selaku pembina PMR dan juga guru di SMAN Unggul Darussalam telah mampu membawa anak didiknya untuk mengemban tanggung jawab sebagai ketua PMR Se-Labuhanhaji Raya dan Sawang. “Pada periode ini dipegang oleh Satria Abdi Siregar. Namun, dua periode sebelumnya juga dari siswa SMAN Unggul Darussalam”. pungkasnya.

Dua contoh kegiatan yang dibuat guru dari SMAN Unggul Darussalam merupakan gambaran bahwa kegiatan outdoor sangat berdampak bagi siswa, khususnya dalam membangun karakter positif.

Laporan :Yelli Sustarina

Check Also

DISDIK ACEH LAKSANAKAN RAKOR DAN SINKRONISASI PROGRAM PENDIDIKAN

ACEH CARONG.BANDA ACEH. Dalam upaya membangun pendidikan di Aceh, Dinas Pendidikan Aceh melaksanakan rapat koordinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *