Home / News / Guru Fisika Dilatih Praktikum Berbasis Inkuiri

Guru Fisika Dilatih Praktikum Berbasis Inkuiri

ACEHCARONG.COM |LHOKSEUMAWE—Sebanyak 30 orang guru Fisika SMA/MA se-Kota Lhokseumawe dilatih pembelajaran Fisika menggunakan metode praktikum berbasis inkuiri. Kegiatan tersebut berlangsung pada Selasa (25/9) di SMAN 2 Lhokseumawe.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Kegiatan Pembinaan dan Pendampingan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA/SMK Dinas Pendidikan Aceh.

Kegiatan pembinaan dan pendampingan MGMP yang berlangsung selama 10 (sepuluh) hari menghadirkan Instruktur Nasional (IN) Fisika Kota Lhokseumawe dengan materi pelatihan yang berbeda.

Pada hari pertama yang menjadi narasumber salah seorang IN Fisika yang juga Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe, Jon Darmawan, SPd M Pd , memaparkan desain model praktikum Fisika berbasis inkuiri yang dapat diterapkan pada hampir semua materi Fisika.

Menurut Darmawan, terdapat beberapa model praktikum dalam pembelajaran Fisika diantaranya praktikum berbasis verifikasi, praktikum berbasis inkuiri, praktikum berbasis problem solving, serta praktikum berbasis virtual.

“Praktikum berbasis inkuiri merupakan salah satu model praktikum yang sesuai dengan kebutuhan siswa abad 21. Melalui praktikum ini siswa dapat meningkatkan ketrampilan berbasis kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam praktikum ini siswa merancang, mengumpulkan data, serta menganalisis data sendiri melalui pertanyaan atau pernyataan penggiring dari guru. Guru hanya membimbing seperlunya saja, “jelas Darmawan.

Lebih lanjut Darmawan menjelaskan bahwa melalui model praktikum ini siswa dilatih untuk melakukan proses penyelidikan fenomena fisis secara ilmiah. Terdapat 4 (tahap) daam model ini yaitu tahap observasi fenomena, merumuskan masalah, pengajuan hipotesis atau prediksi, dan kegiatan eksperimen. Semua tahap dilakukan sendiri oleh siswa. Sementara guru hanya membimbing seperlunya saja.

“Akhir dari praktikum berbasis inkuiri adalah siswa mampu menemukan konsep atau rumus fisika melalui praktikum secara kolaborasi. Siswa seolah bekerja layaknya ilmuan yang menemukan konsep atau rumus fisika, “pungkas Darmawan.

Narasumber juga meminta agar peserta merancang praktikum berbasis inkuiri pada materi Fisika lainnya untuk diterapkan pada siswa. Hasil rancangan tersebut akan dipresentasikan pada hari Sabtu, 29 September 2018 untuk dikoreksi dan penguatan secara bersama-sama.

Laporan : Didi Pianda

Check Also

Penulis Buku “Beginilah Cara Allah Mengajariku” Raih Juara Pertama Kepala MTs Berprestasi

ACEH CARONG.COM| BANDA ACEH–Pada kegiatan pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi tingkat provinsi tahun 2019 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *