Home / News / Programkan Ekskul Muatan Lokal, Disdik Aceh Barat adakan Lomba Rapai Saman

Programkan Ekskul Muatan Lokal, Disdik Aceh Barat adakan Lomba Rapai Saman

ACEH CARONG. MEULABOH. Salah satu upaya peningkatan kreatifitas ekstrakurukuler Muatan Lokal, Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat melalui seksi Kurikulum dan Pengembangan Siswa Bidang Dikdas, menggelar lomba rapai saman tingkat.

Lomba tersebut dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional Tingkat Kabupaten Aceh Barat Tahun 2018 (sabtu, 1/12). Acara ini dibuka langsung oleh Kadisdik Aceh Barat Bismi, S. Pd yang dalam arahannya mengharapkan agar Ekstrakurikuler Muatan Lokal dapat ditingkatkan di setiap satuan pendidikan. “Banyak kegiatan Ekstrakurikuler Muatan Lokal yang dapat dikembangkan, tahun depan selain Rapai Saman juga Seudati, ini penting mengingat Seudati semakin jarang dimainkan apalagi ditingkat sekolah” harap Kadis.

Ketua panitia pelaksana yg juga Kabid Dikdas Husensah, M.Pd, Kepada acehcarong.com menjelaskan, program ini diikuti oleh siswa jenjang SMP guna melestarikan budaya lokal dan memotivasi lahirnya generasi baru dalam bidang seni rapai khususnya syahi yang semakin sulit ditemukan di era perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Acara ini ditutup dengan pengumuman pemenang lomba oleh perwakilan tim juri Muhammad Nasir, S. Pd yg mengharapkan bagi yg belum meraih juara tahun ini agar berlatih lebih giat guna persiapan lomba di masa mendatang. Peringkat pertama diraih oleh Group SMPN 3 Meulaboh, disusul terbaik kedua SMPN 5 Meulaboh dan SMPN 2 Pante Ceureumen di urutan ketiga.

Laporan: Muhammad Nasir

Check Also

DISDIK ACEH LAKSANAKAN RAKOR DAN SINKRONISASI PROGRAM PENDIDIKAN

ACEH CARONG.BANDA ACEH. Dalam upaya membangun pendidikan di Aceh, Dinas Pendidikan Aceh melaksanakan rapat koordinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *