Home / News / SMAN 1 Nurussalam Laksanakan Ujian Semester Menggunakan Handphone dan Komputer

SMAN 1 Nurussalam Laksanakan Ujian Semester Menggunakan Handphone dan Komputer

ACEHCARONG.COM | ACEH TIMUR – Mulai tahun 2017-2018 semester II lalu, SMA Negeri 1 Nurussalam Kabupaten Aceh Timur sudah melaksanakan Ujian Semester Berbasis Komputer dan Android. Kali ini, Penilaian Akhir Semester Ganjil 2018-2019 pola ujian tersebut masih dipertahankan mengingat banyak sekali kelebihan yang didapat.

Kepala SMA Negeri 1 Nurussalam Aceh Timur, Chalidin kepada acehcarong.com, Selasa (04/12) mengatakan pola ujian ini dirancang oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Khairuddin, tanpa menggunakan jaringan internet, kabel atau wireless.

Kata Chalidin, siswa dapat mengetahui hasil ujian langsung setelah mengikuti ujian, guru tidak perlu mengkoreksi lembar jawaban siswa karena sistem komputer sudah memberikan penilaian.

“Anak-anak terbiasa dengan teknologi, sehingga ketika Ujian Nasional nantinya mereka tidak kaku lagi oleh tool teknologi, hanya perlu belajar untuk konten ujian saja.” Ujar Chalidin.

Chalidin menambahkan sistem ini juga sangat menghemat penggunaan kertas, beban biaya fotokopi soal ujian serta tidak membutuhkan pengawasan yang banyak karena dibuat ujian per sesi hingga pukul 16.00 sore, pungkasnya.

Sementara Wakasek Bidang Kurikulum, Khairuddin selaku penanggungjawab ujian menjelaskan, jika dominan siswa punya handphone android ujian tidak berlangsung lama dengan jumlah hari yang banyak. Tiga belas bidang studi yang diujiankan bisa berlangsung satu minggu untuk semua kelas. Ujarnya.

“Kami menggunakan hotspot dari jaringan komputer sekolah, menggunakan xampp, sehingga ujian yang berlangsung secara offline tersebut dengan wireless bisa dilaksanakan sekaligus untuk sekitar 300 perangkat.” Kata Khairuddin.

Lebih lanjut Khairuddin menjelaskan, sayangnya tidak semua siswa punya handphone, sementara komputer sekolah sangat terbatas, yaitu 22 unit yang dipakai untuk ujian. Karena tanpa jaringan internet, guru tak perlu khawatir siswa browsing google untuk memperoleh jawaban.

“Integritas ujian juga terjaga baik, karena soal yang diberikan ke siswa bersifat random atau acak.” Kata Khairuddin.

Sebelumnya pada bulan Oktober 2017, Khairuddin yang juga penggagas Ujian Berbasis Komputer dan Tablet di Ikatan Guru Indonesia sudah melatih guru SMA Negeri 1 Nurusalam menggunakan iSpring untuk membuat soal ujian berbasis komputer dan tablet, sehingga guru-guru sendiri yang membuat soal tersebut.

Pelatihan ini juga dilatih pada beberapa guru Indonesia, tercatat beberapa daerah di Aceh sudah menerapkan selain Aceh Timur, yaitu Aceh Jaya, Bener Meriah, Aceh Besar dan Lhokseumawe.

Sementara di level nasional peserta pelatihan sudah menerapkan di sekolah seperti Papua, Papua Barat, Gorontalo, Jawa Timur, Maluku dan Sumatera Barat.

Laporan : Khairuddin
Editor : Baihaki

Check Also

DISDIK ACEH LAKSANAKAN RAKOR DAN SINKRONISASI PROGRAM PENDIDIKAN

ACEH CARONG.BANDA ACEH. Dalam upaya membangun pendidikan di Aceh, Dinas Pendidikan Aceh melaksanakan rapat koordinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *