Home / News / Puluhan Guru PAI Ikut Workshop Literasi

Puluhan Guru PAI Ikut Workshop Literasi

 

ACEHCARONG.COM. Lhokseumawe -Puluhan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang tehimpun dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe mengikuti kegiatan penambahan wawasan literasi. Kegiatan tersebut berlangsung di gedung SD Muhammadiyah Kota Lhokseumawe pada (17/1).

Adapun narasumber yang diundang adalah Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe, Jon Darmawan, SPd MPd.
Ketua panitia, Yusrizal, MPd menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda bulanan KKG PAI Kecamatan Banda Sakti. Setiap bulan mereka selalu berkumpul untuk meningkatkan kompetensi guru. Pada bulan Januari 2019 agenda yan disepakati adalah tentang literasi dengan mengundang Ketua IGI Kota Lhokseumawe sebagai narasumber.

Kepala SD Muhammadiyah, Sukmawati saat membuka kegiatan meminta kepada guru PAI untuk mengikuti kegiatan dengan serius. Terlebih lagi literasi sudah harus diterapkan di sekolah. Guru PAI harus berliterasi sehingga menjadi teladan bagi siswa untuk menerapkan budaya literasi.

Narasumber kegiatan, Jon Darmawan dalam kegiatan tersebut berbagi informasi dan pengalaman dalam menggerakkan literasi di Kota Lhokseumawe. Termasuk di dalamnya karya buku Sagusaku yang terus lahir dari guru-guru Kota Lhokseumawe.

Darmawan menambahkan bahwa literasi merupakan perintah pertama dan paling utama diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini menunjukkan bahwa Islam sangat mengutamakan literasi guna mewujudkan peradaban yang lebih maju. Oleh karena itu guru dan siswa harus mengembangkan budaya literasi agar peradaban Islamn kembali maju seperti zaman dahulu.

Dalam kesempatan tersebut Darmawan juga memberikan kiat-kiat bagaimana mengembangkan literasi di sekolah. Diantaranya bagaimana menjalankan pembiasaan membaca, membuat pustaka kelas, sudut baca, dan alat bantu literasi lainnya.

Laporan : Darmawan

Editor : Yelli Sustarina

Check Also

Penulis Buku “Beginilah Cara Allah Mengajariku” Raih Juara Pertama Kepala MTs Berprestasi

ACEH CARONG.COM| BANDA ACEH–Pada kegiatan pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi tingkat provinsi tahun 2019 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *