Home / Budaya / UNIK PESTA PERNIKAHAN PEMBINA PRAMUKA DI SUBULUSSALAM

UNIK PESTA PERNIKAHAN PEMBINA PRAMUKA DI SUBULUSSALAM

ACEHCARONG.COM, Subulussalam –“Woow! Menarik dan unik.” Agaknya kalimat  itu, paling tepat diucapkan saat menyaksikan resepsi perkawinan Ujang Satria alias Ogek Satria dan Sarmiani alias Kak Isar, sosok pembina pramuka di Kota Subulussalam.

Betapa tidak, saat kedua mempelai menggelar resepsi pernikahan, Selasa (19/3/2019) lalu, keduanya tidak saja  mengenakan pakaian pramuka lengkap.

Tetapi juga, kedua mempelai tatkala  menuju pelaminan, “dihadang”  dengan tongkat oleh anggota pramuka Kwarcab Kota Subulussalam.

Lalu, kedua mempelai digiring ke dalam prosesi upacara ala pramuka. Sejurus kemudian, mempelai pun dimasukkan ke dalam “sangkar”.

Upacara seperti ini, lazim disebut, upacara tongkat pora. Semacam upacara pedang pora yang acap digelar di kalangan militer.

Tak pelak, upacara penyambutan pengantin yang tak biasa dan unik ini, meyedot perhatian warga.

Warga berduyun-duyun menyaksikan karena unik dan sesuatu yang langka

“Kami senang menyaksikan, unik dan langka soalnya,” ujar Sulastri anggota pramuka.

Waka Pusdiklat Kwarcab Kota Subulussalam Mawardi kepada acehcarong mengatakan, resepsi pernikahan pembinan pramuka dengan mengenakan baju pramuka dan upacara ala pramuka ini, baru pertama kali digelar di Subulussalam.

“Mungkin resepsi pernikahan seperti ini, baru pertama kali di Aceh,” tutur Mawardi.

Selain penyambutan dengan tongkat pora, tambah Mawardi,  pengantin juga dikalungkan bunga oleh Ketua Kwarcab Kota Subulussalam, Drs Salmaza.

Hadir pula seluruh jajaran Pengurus Kwarcab, Kwarran, Kamabigus, Pembina dan DKC/Purna DKC Kota Subulussalam serta peserta didik penggalang dan penegak.

Setelah prosesi ‘upacara’ yang dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) Wakil Wali Kota Subulussalam, Drs Salmaza, jelas Mawardi, kedua mempelai dikawal anggota pramuka menuju ke pelaminan.

“Saat pengantin duduk di pelaminan, menyambut tamu. Sang pengantin pun masih mengenakan pakaian pramuka. Inilah uniknya pramuka,” pungkas Mawardi seorang guru itu.[]

Konstribusi : Sadri Ondang Jaya

Check Also

Aneka Lomba Warnai Pascal di Farhan

ACEHCARONG.COM | BANDA ACEH – Berbagai jenis perlombaan mewarnai hari kedua pelaksanaan PASCAL (Parade of …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *