Home / Headline / Profesor Jamaluddin : Agar Guru Berprestasi, Lakukan Pembinaan

Profesor Jamaluddin : Agar Guru Berprestasi, Lakukan Pembinaan

ACEHCARONG.COM | BANDA ACEH—Pada kegiatan penilaian Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, turut menghadirkan guru besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Prof Dr Jamaluddin MEd sebagai salah seorang dewan juri.

Jamaluddin saat dimintai tanggapannya tentang potensi guru di Kota Banda Aceh dalam penilaian GTK berprestasi. Kepada acehcarong.com, Kamis (28/03/2019) mengatakan, banyak guru di Aceh ini yang memiliki potensi dan bakat alamiah untuk meraih prestasi.

“Disinilah peran dari Dinas Pendidikan baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk melakukan pembinaan agar potensi yang dimiliki guru tersebut bisa muncul ke permukaan,” ujar Jamaluddin.

Jamaluddin menuturkan, penilaian guru dan tenaga kependidikan yang sedang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, salah satu upaya melahirkan guru-guru berprestasi untuk bisa bersaing ke tahapan berikutnya baik di tingkat provinsi maupun Nasional.

“Bukan hanya guru, pengawas dan kepala sekolah serta tenaga kependidikan lainnya yang merupakan ujung tombak dalam membangun pendidikan di sekolah memiliki potensi yang sama untuk meraih prestasi,” kata Jamaluddin.

“Untuk meraih prestasi di tingkat kabupaten/kota, Jamaluddin menegaskan agar Dinas Pendidikan kabupaten/kota tidak hanya sebatas melakukan penyeleksian semata, namun bagi mereka yang meraih juara perlu dilakukan pembinaan khusus, bahkan dukungan moril dan materil sangat penting,” ujar dosen Pendidikan Fisika UIN Ar Raniry ini.

Jamaluddin menambahkan, di era millenial ini agar guru terus mengembangkan potensi dirinya dengan sering melakukan penelitian, pelatihan dan menumbuhkan budaya literasi serta kegiatan penunjang lainnya agar potensi yang dimiliki dapat melahirkan prestasi,” pungkasnya.

Laporan : Rusydi

Check Also

Raih Juara Umum 02SN, Kadisdikbud Kota Langsa Berikan Apresiasi

    ACEHCARONG.COM|LANGSA-Pada pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) tingkat Provinsi Aceh jenjang SD yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *