Home / Uncategorized / BUDAYAKAN GEMAR MEMBACA, PUSAR LAKSANAKAN LOMBA BERCERITA

BUDAYAKAN GEMAR MEMBACA, PUSAR LAKSANAKAN LOMBA BERCERITA

ACEHCARONG.COM–Lhoksukon. Sebagai wujud mengembangkan budaya baca ditingkat SD/MI, juga untuk melestarikan aneka budaya daerah serta mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah yang ada di Aceh, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Utara menyelenggarakan Lomba Bercerita jenjang SD/MI Tingkat Kabupaten Aceh Utara Tahun 2019.

Lomba yang dibuka langsung Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (PUSAR) Kabupaten Aceh Utara, Yusri tersebut dilaksanakan mulai tanggal 18-19 Juni 2019 di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Utara.

Lomba tersebut diikuti sebanyak 20 siswa siswi jenjang SD/MI dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Utara.

Plt. Kepala PUSAR Aceh Utara, Yusri menjelaskan, lomba bercerita tersebut sudah digelar beberapa tahun tahun lalu dan akan menjadi agenda rutin pusar Aceh Utara untuk meningkatkan budaya baca bagi anak-anak usia emas jenjang SD/MI.

“Anak-anak dapat menyampaikan cerita tentang budaya daerah Indonesia, tentu saja mereka mampu bercerita karena mereka telah membaca buku terlebih dahulu,” tegas Yusri.

Dengan mengusung tema lomba, yaitu “Menumbuhkembangkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan Terhadap Budaya Lokal Dalam Upaya Membangun Karakter, Kecerdasan, Inovasi serta Dya Kompetitif“.

Kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa dari peserta.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara, Saiful menjelaskan, pemenang pertama lomba bercerita tingkat Kabupaten selain mendapatkan tropi, bingkisan, dan uang pembinaan juga akan diikutsertakan pada lomba bercerita tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019.

Setelah berlomba selama dua hari akhirnya didapatkan pemenang, yaitu juara 1 Muhammad Farzan (SDN 2 Lhoksukon), juara 2 Khairun Ramazani (SDN 6 Sawang), juara 3 Fakrurrahim (SDIT Madani Lhoksukon).

Selanjutnya untuk juara harapan 1 diraih oleh Muhammad Alfiansyah (SDN 6 Tanah Jambo Aye), juara harapan 2 diraih oleh Putri Raiyani (MIN 2 Aceh Utara), dan juara harapan 3 diraih oleh Keisha Esria Mulya (MIN 7 Aceh Utara).[]

Laporan: Qusthalani/Hamdani Mulya

Editor : Sadri Ondang Jaya

Check Also

GURU SMPN 1 SEUNAGAN MENGIKUTI TRAINING TALLENTS MAPPING

ACEHCARONG.COM, JEURAM– Dalam rangka menindak lanjuti  program full day school yang dicanangkan Dinas Pendidikan Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *