Home / Uncategorized / MPLS SMPN 1 SEUNAGAN DITUTUP DENGAN DONGENG

MPLS SMPN 1 SEUNAGAN DITUTUP DENGAN DONGENG

ACEHCARONG.COM, Jeuram – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP Negeri 1 Seunagan, Nagan Raya pada tahun pelajaran 2019/2020 diikuti oleh 97 siswa.

Pelaksanaan kegiatan yang digelar selama tiga hari mulai 15-17 Juli 2019 sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. MPLS tahun ini menggunakan metode lebih menarik dan menyenangkan. Salah satunya, adalah mendongeng.

Tidak tanggung-tanggung, panitia MPLS mendatangkan langsung Koordinator Komunitas Kampung Dongeng Aceh, yaitu Siti Nurhidayah, S.Pd, M.Sc.

Siti Nurhidayah yang sering disapa Bunda Dayah itu, merupakan sosok yang mahir dalam berdongeng dan telah berkeliling seantero negeri. Bukan hanya tingkat regional Aceh melainkan tingkat nasional.

Di hadapan peserta didik, Bunda Dayah memberikan dongeng yang bertemakan, pentingnya membaca dalam kehidupan.

Dalam paparannya Bunda menukilkan, anak yang tidak mau membaca seolah-olah hidup dalam dunia kegelapan. Sementara anak yang rajin membaca, akan hidup dalam dunia yang indah dan sangat menyenangkan.

Dengan karakter suara yang berbeda-beda bunda dayah mampu memukau para siswa dan guru SMP Negeri 1 Seunagan sehingga  mereka terhibur, senang, dan antusias mendengarnya.

Bunda dayah mampu berperan dengan menirukan suara anak-anak, seorang putri bahkan seorang kakek.

Menurut Kepala SMP Negeri 1 Seunagan Misnan, S Pd, kegiatan mendatangkan pendongeng pada acara penutupan MPLS tahun ini bertujuan untuk memberikan motivasi para siswa betapa pentingnya mengembangkan budaya literasi.

Budaya literasi, kata Misnan, tidak sekedar membaca dan menulis, melainkan termasuk di dalamnya berdongeng.

“Mendongen itu juga bagian dari literasi. Dan mendongeng ini, lebih menarik dan menyenangkan serta tidak membosankan,” ungkap Misnan S Pd

Ia juga berharap kegiatan seperti ini terus dipertahankan bahkan dikembangkan untuk masa yang akan datang.[]

Editor : Sadri Ondang Jaya

Check Also

GURU SMPN 1 SEUNAGAN MENGIKUTI TRAINING TALLENTS MAPPING

ACEHCARONG.COM, JEURAM– Dalam rangka menindak lanjuti  program full day school yang dicanangkan Dinas Pendidikan Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *