Home / Uncategorized / PENULIS BUKU KLUET DALAM BAYANG-BAYANG SEJARAH HADIRI FGD

PENULIS BUKU KLUET DALAM BAYANG-BAYANG SEJARAH HADIRI FGD

ACEHCARONG. COM, BANDA ACEH– Dinas Pendidikan Aceh melalui Bidang Pembinaan SMA dan PKLK, (15-21/7/2019), mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Banda Aceh.

Dalam GGD tersebut, penulis buku “Kluet Dalam Bayang-Bayang Sejarah”, Ir Bukhari RA M.Eng turut hadir pada acara penutupan FGD gelombang pertama pembinaan Bahasa Kluet Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (18/07/2019).

Bukhari yang juga mantan Dekan Fakultas Tekhnik Universitas Syiah Kuala Banda Aceh ini diundang khusus oleh panitia pelaksana untuk menyampaikan kilas balik historis, bahasa, seni, dan budaya Kluet.

Dalam sambutannya, Bukhari mengajak semua masyarakat Kluet khususnya generasi mudanya untuk mencintai Bahasa Kluet sebagai bahasa nenek moyang.

“Jangan malu kita berbicara Bahasa Kluet apalagi dengan sesama kita yang serumpun. Kalau kita saja yang dari Kluet tidak menggunakan bahasa daerahnya, dikhawatirkan lambat laun Bahasa Kluet akan musnah,” ujar Bukhari.

Ia mengajak, putra-putri Kluet baik itu yang berprofesi sebagai akademisi, guru, mahasiswa atau apapun profesinya agar mau menulis dan mempublikasikan tentang Kluet.

“Risiko yang hadapi ketika seseorang telah berbuat, tentu karyanya akan disalahkan oleh orang lain. Hal itu, tidak perlu pesimis. Kalaupun mereka menyalahkan hasil karya yang telah kita lakukan. Kami yakin, jika kita minta mana hasil karya mereka yang benar, pasti mereka menunjukkan mana yang benar,” kata Bukhari.

Ia menambahkan, selama ini tidak pernah dilakukan kegiatan semacam ini untuk menggali potensi yang ada di Kluet. Sebagai sesepuh yang berasal dari Tanoh Kluet, kami siap mendukung apapun program dan kegiatan yang mengangkat nama Kluet.

Bukhari memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Aceh yang telah memberikan kesempatan dan ruang gerak dengan mengundang guru-guru dari Kluet untuk mengikuti kegiatan ini dengan harapan ada tindak lanjutnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kegiatan FGD yang berlangsung 15-21 Juli 2019 dibagi dua gelombang.

Gelombang pertama 15-18 Juli dilakukan FGD pembinaan Bahasa Kluet yang dihadiri 20 orang peserta mewakili guru SMA dan MA dari Kluet Aceh Selatan.

Berikutnya, pada gelombang kedua tanggal 18-21 Juli dilaksanakan FGD pembinaan Bahasa Simeulue juga menghadirkan 20 orang guru SMA/MA dari Simeulue.[]

Laporan : Baihaki

Editor : Sadri Ondang Jaya

Check Also

GURU SMPN 1 SEUNAGAN MENGIKUTI TRAINING TALLENTS MAPPING

ACEHCARONG.COM, JEURAM– Dalam rangka menindak lanjuti  program full day school yang dicanangkan Dinas Pendidikan Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *