Home / Headline / Disdikbud Aceh Besar dan FTK UIN Ar-Raniry Jalin Kerjasama

Disdikbud Aceh Besar dan FTK UIN Ar-Raniry Jalin Kerjasama

ACEHCARONG.COM | ACEH BESAR–Rombongan dari Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UIN Ar-Raniry) Darussalam Banda Aceh yang dipimpin langsung oleh Dekan Tarbiyah, Dr Muslim Razali SH MAg melakukan audiensi dengan jajaran Disdikbud Aceh Besar pada Senin (5/8) diterima oleh Kadisdikbud, Dr Silahuddin MAg dan Sekdisdikbud, Fata Muhammad SPdI MM di ruang kerjanya di Kota Jantho.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Dr. Silahuddin, M.Ag saat pertemuan audiensi menyampaikan dengan pertemuan ini ada harapan yang kita capai, terjalinnya kerjasama antara Dinas Pendidikan dengan Fakultas Tarbiyah UIN dan Kampus UIN Ar-Raniry umumnya.

‘’Pemerintah punya perhatian khusus terhadap daerah 3T, Terdepan, Terluar, dan Tertinggal dalam pendidikan, dan Aceh Besar salah satu kabupaten yang memiliki daerah 3T tersebut’’.

Disebutkan, Kecamatan Pulo Aceh, Lhoong, Lamteuba, dan Krueng raya menjadi PR pemerintah maka dengan itu kami Dinas Pendidikan ingin menjalin kerjasama dengan UIN untuk program di daerah 3T ini’’.

Senada dengan Kadisdikbud, Sekdisdikbud Aceh Besar, Fata Muhammad, S.Pd.I.,MM menyambut baik kerjasama dengan pihak Fakultas Tarbiyah.

‘’Kerjasama dalam hal membantu Dinas Pendidikan serta masyarkat Aceh Besar terutama terkait pendidikan daerah 3T, namun untuk Pulo Aceh kita sudah alokasikan kouta penerima Beasiswa Afirmasi Full namun minimnya mereka yang ingin mengikuti seleksi beasiswa afirmasi, ini juga menjadi pertimbangan kita dinas pendidikan’’.

‘’Akan tetapi kata Fata, kita tidak boleh berhenti untuk memfasilitasi mereka yang tinggal didaerah 3T dengan upaya mengajak dan memberi pemahaman karena selain tanggung jawab moral mereka juga diatur undang tercantum pada UUD 1945 pasal 31 Ayat (2) yang menyatakan bahwa setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib memberikan kontribusi demi tercapainya kewajiban tersebut’’.

‘’Fata menambahkan, UIN secara umum atau Fakultas Tarbiyah untuk merequest pengabdian masyarakat ke pulo aceh atau daerah terpencil setiap tahun di Aceh Besar’’, harapnya.

Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai FTK UIN Ar-Raniry bekerjasama dengan Disdikbud Aceh Besar akan kembali melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kecamatan Pulo Aceh yang direncanakan dilaksanakan pada bulan Oktober 2019.

Dekan FTK UIN Ar-Raniry Dr. Muslim Razali, SH, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari aplikasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini melibatkan segenap dosen dari 13 program studi yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry yaitu Prodi Pendidikan Agama Islam, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Kimia, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Prodi Bimbingan Konseling, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Prodi Pendidikan Isalam Anak Usia Dini, Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan Prodi Pendidikan Teknik Elektro.

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara kontinyu di tahun selanjutnya.
Masbur, M. Ag selaku Dekan II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry mengatakan bahwa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry memperkuat program-program yang bermanfaat bagi masyarakat dengan melibatkan dosen-dosen yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Sementara Wadek III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Ayyub AR mengatakan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry menindaklanjuti program-program untuk merealisasikan MoU yang sudah ditandatangani sebelumnya.

Lebih lanjut Samsul Kamal, M. Pd selaku ketua panitia menambahkan sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat di Kecamatan Pulo Aceh baik masyarakat gampong maupun masyarakat pendidikan.

“Bagi masyarakat gampong diberikan pelatihan tajhiz mayit, praktik ibadah, khutbah Jum’at, dakwah islamiyah, sosialisasi kesehatan lingkungan dan peningkatan kapasitas aparatur gampong sedangkan bagi masyarakat pendidikan diberikan pelatihan dan workshop penyusunan perangkat pembelajaran, teknik evaluasi, pembuatan bahan ajar berbasis ICT, Manajemen berbasis sekolah bagi kepala sekolah dan komite sekolah dan pelayanan konseling bagi siswa.

Program ini juga mendukung program-program yang dirancang oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar.

Yusran, M. Pd selaku Ketua Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry mengatakan Prodi Pendidikan Teknologi Informasi sudah menyiapkan beberapa program terkait ICT, baik yang akan dilatih kepada guru maupun untuk perangkat gampong di Kecamatan Pulo Aceh.

Begitu juga dengan Ketua Prodi PGMI, Irwandi, M. Ag menjelaskan Prodi PGMI dan prodi-prodi di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry siap merancang dan mengimplementasikan program-program untuk pengembangan pendidikan di Pulo Aceh.[]

Penulis : Rusydi

Check Also

Kadisdik Aceh Sambut Kepulangan GTK Berprestasi dan Berdedikasi

ACEH CARONG. BANDA ACEH. Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin MPd menyambut kepulangan guru dan tenaga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *