Home / Uncategorized / MENYAMBUT HARDIKDA, GURU PIDIE TERBITKAN BUKU

MENYAMBUT HARDIKDA, GURU PIDIE TERBITKAN BUKU

ACEHCARONG, Sigli – Sejumlah guru yang tergabung dalam Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Pidie menerbitkan dua buku sebagai kado Hari Pendidikan Daerah yang bakal diperingati 2 September 2019.

Ketua IGI Pidie Irwandi Zakariah kepada acehcarong mengatakan, buku tersebut merupakan bagian dari hasil kegiatan Satu Guru Satu Buku (Sagusaku) yang digerakkan oleh Dewan Pengurus Wilayah IGI Aceh sejak tahun 2018 bekerja sama dengan Dinas Pendidikan.

Irwandi menjelaskan, ada dua buku yang dihasilkan oleh para guru IGI Pidie. Buku pertama, Jejak Langkah Guru Pidie (Kisah Inspiratif Guru Pidie)  dan Remaja, Pendidikan dan Masa Depan.

Buku pertama, berisi kisah perjalanan para guru menuju cita-citanya menjadi guru. Plus peliknya bekerja dalam dunia pendidikan. Buku itu ditulis oleh 29 guru yang diseleksi dari dua ratus peserta pelatihan Sagusaku.

“Kisah-kisah tersebut disajikan dalam bahasa yang enak dibaca sehingga layak sebagai bahan koleksi perpustakaan pribadi untuk dibaca berulang-ulang,” ungkap Irwandi, Rabu (21/8/2019).

Sedangkan buku kedua ditulis oleh Irwandi Zakaria sendiri yang sebelumnya juga telah menghasilkan beberapa buku yang diterbitkan oleh penerbit lokal dan nasional.

Di bagian pertama, buku ini membahas cara mengatasi kenakalan remaja, mendapatkan hati remaja supaya mau menjadi bagian dari kita sebagai orang tua, guru, atau tokoh masyarakat.

Menjadikan agama dan orang tua sebagai bagian terpenting dalam kehidupan remaja, diulas pada akhir dua tulisan bagian pertama.

Bagian kedua buku ini, berkaitan dengan masalah-masalah umum yang menjadi isu kontemporer dalam dunia kependidikan.

Dengan terbitnya buku ini, Irwandi Zakariah yang juga Guru SMAN 1 Beureunuen ini berharap dapat menjadi suatu harapan baru bagi kesadaran gerakan literasi di Kabupaten Pidie.

Pihaknya juga menyampaikan harapan perhatian yang lebih kepada berbagai stakeholder dalam pengembangan organisasi profesi guru ke depan.

“Sudah saatnya pemer

intah menjadikan organisasi profesi sesuai bidangnya menjadi mitra pemerintah. Bukan lagi dicurigai. Sehingga akan terjadi suatu sinergi positif untuk pengembangan pendidikan ke depan,” ujar Irwandi.[]

Check Also

CABDIN GAYO KUMPULKAN KEPSEK DI MALAM HARI

ACEHCARONG.COM, Gayo—Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Tengah, Abdul Hamid, S.Pd, M.Pd, Rabu (31/7/2019), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *