Home / Uncategorized / SMAN 1 NURUSSALAM MERIAHKAN HUT Ke-74 RI TAMPIL BEDA

SMAN 1 NURUSSALAM MERIAHKAN HUT Ke-74 RI TAMPIL BEDA

ACEHCARONG.COM– Aceh Timur, Perayaan HUT ke-74 RI  di SMA Negeri 1 Nurussalam berbeda dari sekolah lain di Aceh. Perayaan tahun ini, siswa-siswi disuruh menulis dalam bentuk majalah digital (Madig).

Konten tulisan yang dibuat di Madig ini, adalah sosok pemuda yang memiliki kecerdasan dalam mengelola teknologi.

Dari hasil olahan teknologi itu, di samping mampu menghasilkan pendapatan. Juga bisa membantu masyarakat menjadi lebih mudah berkomunikasi serta berinteraksi.

Karena itu tema yang diusung SMAN Nurussalam dalam memperingati HUT ke-74 RI, adalah “The Millenial Hero”. Yaitu, mengumpulkan inspirasi pahlawan ke kinian di era disrupsi.

Dijelaskan, profil yang diangkat di antaranya Founder Google, Facebook, Instagram, RuangGuru, Gojek, Sorabel dan lain sebagainya.

Mereka merupakan pahlawan abad 21 yang mampu memanfaatkan teknologi menjadi sesuatu yang berguna dalam interaksi sosial masyarakat.

Puncak acara yang diselenggarakan selama dua hari, Selasa-Rabu (20-21/8/2019) ditutup dengan Cerdas Cepat Digital (Cerdig).

Kegiatan Cerdig ini, tanpa soal di kertas, tanpa perlu menulis hasil di papan. Karena secara otomatis jawaban yang benar dan cepat memperoleh nilai paling tinggi.

Sedangkan jawaban benar namun tak cepat, memperoleh nilai di bawahnya. Cerdig berbasis komputer menjadi trend kekinian dengan menggunakan kahoot.

Selain lomba utama Madig dan Cerdig, SMA Nurussalam juga mengadakan pertandingan bola volly, bola tangan, pesan berantai, jalan bakiak, dan estafet air.

Penggagas kegiatan 17 Agustus secara digital, Khairuddin menjelaskan, kemampuan yang harus dimiliki setiap orang abad 21 ini, adalah literasi dan kecakapan menggunakan bahkan mengkreasi sesuatu yang bermanfaat melalui teknologi.

Karena itu kegiatan seperti digelar diharapkan mampu menumbuhkembangkan keterampilan siswa dalam menghadapi era disrupsi.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Nurussalam, Chalidin menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan ini.

Karena kata Chalidin, kegiatan semacam ini sangat ampuh mencerdaskan siswa di bidang teknologi.

Di samping itu juga memberi gambaran pada siswa, sosok pahlawan tidak hanya memperjuangkan kemerdekaan.  Tetapi juga yang mengisi kemerdekaan dengan sesuatu yang bermanfaat.

“Misalnya, menciptakan startup yang investasi dan membayar pajak bagi negeri sendiri,” ucap Chalidin.[]

Kontributor : Nanda Saputra

Editor : Sadri Ondang Jaya

Check Also

CABDIN GAYO KUMPULKAN KEPSEK DI MALAM HARI

ACEHCARONG.COM, Gayo—Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Tengah, Abdul Hamid, S.Pd, M.Pd, Rabu (31/7/2019), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *